Sejarah Sepakbola Liga Premier Inggris

premier league

Sepak bola di Inggris memiliki sejarah yang sangat panjang dan kaya. Liga sepak bola domestik di Inggris dikenal sebagai FA Premier League yang didirikan pada tahun 1992. Itu adalah tahun ketika dua puluh dua klub sepakbola Inggris papan atas berpisah dengan liga sepak bola dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka dan memenangkan persaingan tepi untuk sukses di kompetisi Eropa. Klub-klub berhasil meningkatkan pendapatan mereka dengan menjual hak TV secara individual ke Football League.

Pemirsa untuk Pertandingan PL

Sepak bola adalah salah satu permainan paling populer di Inggris. Orang-orang Inggris sangat bersemangat dengan tim mereka. Mereka berduyun-duyun di stadion dalam jumlah besar untuk menonton pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris. Mereka melukis wajah mereka dengan warna jersey dan simbol tim favorit mereka. Mereka melantunkan sepanjang pertandingan dan memegang plakat untuk mendorong tim favorit mereka. Mereka juga mencemooh para pemain jika mereka gagal memberikan.

Namun, apa pun yang mereka lakukan, mereka melakukannya dengan cara yang layak. Mereka sangat sopan dan bagian dari warna dan kegemaran yang membawa sepakbola Liga ini ke daya tarik baru.

Liga Premier Inggris

Pemenang

Manchester United adalah klub pertama yang memenangkan gelar liga ini sejak pembentukannya pada tahun 1992. Mereka memenangkannya di bawah manajer Alex Ferguson. Man United, juga dikenal dengan julukan mereka ‘Setan Merah’, mendominasi sepakbola Inggris divisi pertama selama tahun 90-an. Mereka membungkus lima gelar liga, satu Piala Liga dan satu Piala Winners. Mereka memenangkan treble unik pada tahun 1999 dengan meraih gelar Piala FA, Liga Champions dan Liga Premier dalam satu musim.

Akademi muda mereka telah menghasilkan beberapa pemain bintang dalam bentuk Philip Neville, Gary Neville, David Beckham dan Paul Scholes.

Tantangan bagi Man U

Beberapa klub muncul dari waktu ke waktu untuk menantang dominasi Manchester United di Liga Premier. Blackburn Rovers menantang mereka untuk mahkota Liga ini dalam beberapa tahun pertama dan memenangkannya pada musim 1994-95 untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia I. Newcastle United dipromosikan ke Liga Utama pada tahun 1993 setelah menjadi juara Divisi Satu.

Mereka finis ketiga di musim debut mereka di Liga Premier dan lolos ke Piala UEFA. Mereka adalah runner-up dalam kampanye 1996 dan 1997. Namun, mereka merosot ke papan tengah pada akhir dekade ini. Blackburn, di sisi lain, gagal melanjutkan kesuksesan mereka setelah kemenangan gelar pada 1995. Mereka terdegradasi ke divisi dua pada 1999. Mereka dipromosikan setelah dua tahun dan memenangkan piala Liga satu tahun kemudian.

Aston Villa juga menantang monopoli Setan Merah di Liga Premier. Mereka mengamankan tempat kedua pada tahun 1993 tetapi gagal mempertahankan kesuksesan mereka dalam empat tahun ke depan meskipun memenangkan Piala Liga pada tahun 1994. Mereka bangkit kembali pada tahun 1996 dengan mengklaim gelar Piala Liga dan meraih tempat keempat di Liga Premier. Mereka memperoleh kualifikasi Piala UEFA lima kali pada tahun 1999 dalam tujuh kampanye.

Chelsea adalah juara PL yang bertahan selama musim 2015-16 tetapi sulit mempertahankan gelar karena awal yang lamban dalam kampanye ini.