UEFA MENGHUKUM LAZIO, ATAS DASAR RASISME

UEFA MENGHUKUM LAZIO, ATAS DASAR RASISME

Stadion Lazio akan ditutup sebagian untuk pertandingan Liga Eropa melawan Celtic bulan depan sebagai hukuman atas perilaku rasis dari penggemar Lazio.

Ini adalah sanksi pertama yang diumumkan UEFA sejak badan sepak bola Eropa mengatakan “keluarga sepakbola” harus mengobarkan perang terhadap para pelaku rasis”.

Penutupan sebagian stadion adalah hukuman minimum yang dapat dijatuhkan oleh UEFA. Lazio telah didenda 20.000 euro (£ 17.300) dan akan menderita penutupan stadion penuh jika mereka kembali dalam setahun.

Sanksi terkait dengan insiden selama kemenangan 2-1 Lazio atas klub Prancis Rennes dalam pertandingan grup Liga Eropa pada 3 Oktober.

Pada hari Selasa, UEFA mempertahankan rekornya untuk mengambil tindakan terhadap rasisme setelah kualifikasi Euro 2020 Inggris di Bulgaria, yang ditangguhkan dua kali karena nyanyian monyet dan penghormatan Nazi oleh para pendukung tuan rumah.

Lazio mengatakan mereka mungkin mengajukan banding terhadap hukuman karena menghukum mayoritas penggemar mereka atas tindakan minoritas. Sisi Italia menjamu Celtic dalam pertandingan Eropa berikutnya pada 7 November.